Berbagai Pegunungan Teton Di Amerika Serikat

Berbagai Pegunungan Teton Di Amerika Serikat

tetonvalleychamber – Taman Nasional Grand Teton merupakan suatu halaman nasional yang terletak di Amerika Serikat, persisnya di Wyoming. Taman Nasional Grand Teton ditetapkan di tahun 1929 serta mempunyai besar dekat 1, 300 km2. Pada puncaknya, titik paling tinggi di Grand Teton merupakan 4, 199 meter. Taman Nasional Grand Teton telah menarik orang buat bermukim di dalamnya semenjak 11, 000 tahun yang kemudian serta dikala ini didatangi oleh lebih dari 3 juta wisatawan tiap tahunnya, 6 telaga menawan serta suatu bengawan di bagian sisi timur yang bernama Snake River.

Berbagai Pegunungan Teton Di Amerika Serikat – Hawa pada Taman Nasional Grand Teton mengarah dingin serta umumnya diselimuti salju dari bulan November sampai Mei. Temperatur terdingin yang sempat terdaftar merupakan- 63°F ataupun dekat- 52. 78°C. Ada lebih dari 1, 000 genus tumbuhan yang berkembang di Taman Nasional Grand Teton serta area sekelilingnya, belasan genus binatang menyusui atau mamalia, serta lebih dari 300 genus burung. Halaman nasional ini terkenal di golongan pemanjat gunung serta mempunyai rute pendakian lebih dari 320 kilometer.

Berbagai Pegunungan Teton Di Amerika Serikat

Berbagai Pegunungan Teton Di Amerika Serikat

Antara 6 serta 9 juta tahun yang kemudian, peregangan serta penipisan lapisan alam menimbulkan pergerakan di sejauh penggalan Teton. Gulungan barat di sejauh garis penggalan naik buat membuat Teton Range, menghasilkan pegunungan paling muda di Pegunungan Rocky. Gulungan timur penggalan itu jatuh membuat ngarai yang diucap Jackson Hole. Cara ilmu bumi yang membidik pada aransemen batuan tertua di kisaran Teton dikala ini diawali dekat 2, 5 miliyar tahun yang kemudian.

Pada dikala itu, pasir serta puing- puing vulkanik mengendap di lautan purba. Sedimen bonus diendapkan sepanjang jutaan tahun serta kesimpulannya panas serta titik berat mengganti sedimen jadi gneiss. Berikutnya, lahar dituntut naik lewat celah- celah di gneiss buat membentukgranit, di mana saja dari inci sampai ratusan kaki tebal. Batuan dingin intrusif lain nampak selaku gelap bendungan dari diabas, nampak di wajah sisi barat energi dari Gunung Moran serta di Grand Teton.

Mulai sepanjang rentang waktu Kambrium, sedimen dalam batuan sedimen diendapkan di laut cetek di atas batuan dasar metamorf. Abrasi serta penaikan sudah mengekspos batuan dingin metamorf serta intrusif yang saat ini nampak di lereng timur kisaran serta di Golongan Basilika serta batuan sedimen Paleozoikum serta Kenozoikum di lereng barat. Baru- baru ini 2, 1 juta tahun yang laluHuckleberry Ridge Tuff diendapkan di sejauh lereng barat bagian utara pegunungan.

Baca Juga : Beberapa Cara Menjelajah Di Lembah Teton

The Teton Bentang merupakan pegunungan dari Pegunungan Rocky di Amerika Utara. Menghampar dekat 40 mil( 64 kilometer) ke arah utara- selatan lewat negeri bagian Wyoming AS, timur dari garis negeri bagian Idaho. Ini merupakan selatan Halaman Nasional Yellowstone serta beberapa besar bagian timur capaian terletak di dalam Halaman Nasional Grand Teton. Salah satu filosofi berkata dini Perancis voyageurs bernama kisaran bimbingan trois Tetons(” 3 puting”) sehabis buah dada semacam wujud dari pucuk nya. Filosofi lain berkata kisaran ini dipanggil Teton Sioux( dari Thítȟuŋwaŋ), pula diketahui selaku orang Lakota. Terdapat mungkin kalau orang Shoshone setempat sempat mengatakan semua barisan Teewinot, yang berarti” banyak pucuk”.

Teton Range, bagian dari Middle Rocky Mountains di bagian barat Amerika Serikat, menghampar ke selatan sepanjang 64 mil( 64 kilometer) melewati barat laut Wyoming, dari batasan selatan Taman Nasional Yellowstone sampai Teton Pass, pas di sisi barat Jackson. Sebagian kaki busut menggapai tenggara Idaho. Banyak puncak melampaui 12. 000 kaki( 3. 700 m); Grand Teton, pada ketinggian 13. 770 kaki( 4. 198 m), merupakan titik paling tinggi, menjulang lebih dari 7. 000 kaki( 2. 130 m) di atasJackson Hole, ngarai produktif serta area resor ski populer di bagian timurnya. Pegunungan ini ialah pangkal dari Teton Creek( salah satu gerakan pangkal penting Sungai Teton), yang mengalir di lereng barat pegunungan, serta beberapa besar terdapat di dalam Taman Nasional Grand Teton serta John D. Rockefeller, Jr., Memorial Parkway antara 2 halaman nasional.

Baca Juga : 10 Tur Terbaik di Malaysia Yang Belum Kalian Ketahui

Tetons terdiri dari gulungan penggalan raksasa yang dinaikan dari lapisan alam dekat 6 juta tahun yang kemudian; ngarai Jackson Hole, yang melaluinya mengalir Sungai Snake, ialah gulungan mundur yang cocok di sejauh garis penggalan. Gunung- gunung menjulang dengan seketika di timur sejauh garis penggalan namun jauh lebih berangsur- angsur di barat. Bersamaan durasi, gletser besar menutupi pegunungan serta lambat- laun menuruni lereng, membuat ngarai berupa U yang khas. Meleleh dikala menggapai dasar, gletser ini mengendapkan beberapa besar batu serta puing- puing jadi penumpukan yang diketahui selaku morain. Gletser sisa menghiasi puncak yang lebih besar.

Fakta arkeologis membuktikan kehadiran orang di wilayah itu dekat 11. 000 tahun yang kemudian. Saat sebelum 1600 penduduknya merupakan Masyarakat Asli Amerika yang berbicara Athabaskan; golongan berikutnya tercantum Shoshone, Crow, serta Blackfoot. Investigasi pegunungan awal yang terdaftar merupakan olehJohn Colter, badan Penjelajahan Lewis serta Clark yang meninggalkan regu dalam ekspedisi kembali buat menjelajahi area itu; Colter mengklaim sudah menggapai pegunungan pada tahun 1807–08. Masa penjebakan bulu terjalin di sekelilingnya. Penjebak bulu Prancis dini era ke- 19 mengatakan kelebihan Selatan, Tengah, serta Agung selaku bimbingan trois tétons(” 3 buah dada”), oleh sebab itu dipanggil kisaran itu. Pendakian awal Grand Teton kabarnya dicoba pada bertepatan pada 29 Juli 1872 oleh Nathaniel P. Langford serta James Stevenson. Area ini ialah tujuan darmawisata penting, serta pegunungan, dengan bermacam tantangan pendakiannya, sudah jadi salah satu tujuan pendakian paling atas di negeri ini.

Please follow and like us: