7 Tempat wisata Karimunjawa paling keren

wisata Karimunjawa

7 Tempat wisata Karimunjawa paling keren

 wisata Karimunjawa
www.karimunjawaopentrip.com

Tempat wisata Karimunjawa – Siapa sih yang nggak tahu Karimunjawa? Destinasi wisata yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai keseruan main air, bahkan ada tempat untuk wisatawan berenang bersama hiu, lho.

Karimunjawa jadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati wisatawan. Karimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak tempat wisata keren dan indah di Karimunjawa.

Tidak hanya alam ternyata wisata di Karimunjawa terdapat berbagai destinasi lainnya seperti hutan mangrove, kebun kupu-kupu, hingga kampung bugis. Kamu nggak akan kecewa apabila wisata ke Karimunjawa.Penasaran di mana saja wisata keren Karimunjawa.

1. Pantai Annora

Pantai Annora
pantainesia

Surga bagi para traveller dan yang menyukai keindahan laut dan pantainya, banyak tempat wisata, termasuk tempat wisata darat dan laut di Pulau Karimunjawa, seperti Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa, dengan pantai pasir putih yang indah dan pantai air yang jernih. Salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk menikmati sunset di sunset saree. Selain itu sangat mudah untuk sampai ke pantai ini. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Salah satu pantai terpopuler di Karimunawa adalah Pantai Anora Karimunjawa.Pantai dengan pemandangan alam yang menakjubkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kesini, tidak hanya karena keindahan pantainya dan jernihnya air Laut Karimunjawa dan beberapa di antaranya. Kepulauan Anora di sekitar pantai.

Untuk bisa menuju ke pulau ini anda bisa menyewa ojek yang ada di pulau karimunjawa, karena jaraknya yang cukup jauh tidak menghalangi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai anora.

Selama Anda berada di pantai Annora ini, Anda bisa bermain di ayunan kayu yang ada di pinggir pantai, dan pemandangan yang “wah” akan memanjakan mata Anda dan seketika menyegarkan kembali otak Anda. Tak hanya berupa ayunan kayu, pantai atol ini juga memiliki bukit yang dari puncaknya Anda bisa menikmati keindahan alam di sekitar pantai atol. Menarik?

Jika anda berkunjung ke Pulau Karimunjawa atau berlibur dengan paket wisata Karimunjawa maka saatnya singgah di Kepulauan Karimunjawa dan menikmati ombak yang tersembunyi di pinggir pantai.

Maps

2. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar
1001malam.com

Menjangan Besar adalah pulau yang paling dekat dengan Karimun Besar. Untuk mencapai pulau ini, hanya berjarak 15 menit dari Pelabuhan Karimunjawa. Luas pulau ini melebihi 50 hektar. Pulau Menjangan Besar memiliki daya tarik tersendiri untuk penangkaran hiu dan penyu. Olahraga air juga dilakukan di pulau itu untuk menyediakan lebih banyak aktivitas hiburan bagi wisatawan. Keramba ikan dan lobster banyak, sehingga yang ingin membeli lobster bisa langsung ke karamba. Tentunya harga di sini lebih murah dari kota tempat tinggal Anda.

Penangkaran hiu dan olah raga air

Penangkaran Hiu merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan di Karimunjawa, mengunjungi Karimun Jawa bersama teman-teman kita. Pulau ini paling dekat dengan pulau utama Karimbesar / Karimujiwa. Hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapai Pulau Menjangan Besar. Berbeda dengan pulau-pulau di Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar memiliki penangkaran hiu yang menarik wisatawan dari Karimunjawa Tour. Selain perbanyakan hiu, terdapat penyu dan bioma lainnya, seperti burung.

Setelah mendengar kata HIU, kebanyakan orang langsung berpikir … takut mati, tapi ini berbeda dengan hiu di penangkaran Menjangan Besar di Karimunjawa. Padahal, hiu ini adalah sahabat yang paling ditunggu-tunggu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Setelah mendengar kata HIU, kebanyakan orang langsung berpikir … takut mati, tapi ini berbeda dengan hiu di Karimunjawa yang dipenjara oleh Menjangan Besar. Padahal, hiu ini adalah sahabat yang paling ditunggu-tunggu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain penangkaran hiu di Menjangan Besar, pihaknya juga menyediakan penangkaran penyu yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTN). Kita bisa menimba ilmu tentang penyu dan bisa langsung melepas bibit penyu ke laut. kangen kamu?

Saat ini, Karimunjawa, pulau besar Menyangkan, memang menjadi ibu negara di antara pulau-pulau lainnya, karena banyak wisatawan yang bertanya: “Haruskah kita berhenti di jalan penangkaran hiu?”. Maka dari itu kita dapat menganalisa bahwa Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terpopuler di Karimunjawa. Tidak semua orang bisa berenang langsung dengan hiu. Hanya disini.

Maps

Baca Juga Artikel : 7 Tempat Surfing Terfavorit Di Indonesia

3. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele
wikipedia

Legon Lele Karimun Jawa merupakan sebuah kawasan di Pulau Karimunjawa dengan pantai, mangrove dan perbukitan (hutan / pegunungan). Kawasan pantai Karimunjawa di Laigon merupakan kawasan tersembunyi yang jarang dikunjungi wisatawan karena tidak sepopuler tempat wisata Karimunjawa lainnya.

Di kawasan Lygon-Lair selain pantainya juga terdapat hutan bakau yang cukup indah. Setiap musim angin barat Pantai Lele Legong sangat bersih dan airnya jernih. Pemandangan yang mempesona membuat orang penasaran. Lokasi ikan Legon berada di sisi timur Pulau Karimunjawa. Untuk menjelajahi Pantai Lele Legong, Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil. Dimulai dari Alun-Alun Karimunjawa yang memakan waktu sekitar 15 menit, Anda akan melihat pemandangan pantai yang indah.

Pasir di Pantai Lele Legong memang agak kasar, namun warnanya sama dengan pantai lainnya yaitu putih bersih. Ada air yang terperangkap di tanah di samping pantai sehingga terlihat seperti danau. Pantai Lele Legong juga merupakan salah satu tempat memancing banyak ikan.

Sejarah Desa Lygon Lele

Nama asli nama ikan Legon adalah Syeh Amir Hasan (Syeh Amir Hasan), seorang penyebar agama Islam di Karim Jawa. Saat itu, dia menggunakan getek (rakit) untuk meninggalkan Karimun Jawa dari Pulau Jawa (Yepala). Tidak ada warga setelah sampai di pantai. Menurut cerita ini, ibunya memberinya pepes kucing, lalu memakan ikan di tempat itu dan melemparkan durinya ke dalam kolam.

Karena Syeh Amir Hasan adalah orang yang sangat berkuasa, tulang-tulang yang dibuang di bendungan dapat dihidupkan kembali dan menjadi lele yang utuh. Uniknya lagi, ikan ini tidak memiliki keripik kentang, sehingga ikan tidak bisa menembus (merusak senjata lawan). Sejak saat itu, desa kecil tersebut diberi nama Desa Lygon Lyle.

Maps

4. Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love Karimunjawa
inibaru.id

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Karimunjawa tanpa menikmati surga bawah laut yang disayangi banyak orang. Berbagai taman laut menjadi daya tarik utama pulau di Jawa Tengah ini. Pantainya yang berpasir putih menawan membuat pulau ini begitu menawan, dan wisatawan akan merasa nyaman berlibur.

Luas daratan Karimunjawa kurang lebih 1.500 hektar, sedangkan wilayah perairannya mencapai 110.000 hektar. Terdiri dari 27 pulau, tiap pulau memiliki keunikan tersendiri. Ini memiliki keindahan alam pantai dan surga bawah laut yang luar biasa yang jarang terlihat di tempat lain. Tak heran, hingga saat ini, Karimunjawa kerap menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Letaknya berada di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Batu bertuliskan “Love” yang terdapat diatas bukit seolah menjadi penanda bahwa pengunjung tiba di bukit cinta yang sering menjadi perbincangan. Tugu kecil bertuliskan “Love” ini juga menjadi asal usul terbentuknya nama Bukit Love.

Tak hanya di Karimunjawa, nama bukit love pastinya sering kita dengar beberapa tahun terakhir. Dimanapun berada bukit yang melambangkan cinta seolah menjadi tempat wisata kekinian yang saat ini juga mulai banyak dibangun di beberapa daerah.

Semilir angin sepoi-sepoi akan menyambut pengunjung saat tiba di kawasan bukit. Pemandangan indah di depan mata berupa birunya laut dengan beberapa pulau tampak dari kejauhan. Pemandangan yang tersaji tentunya membuat pengunjung merasa betah berlama-lama menikmati eksotisme lautan luas.

Tak hanya itu, Karimunjawa menjadi tempat yang ideal untuk menikmati sunset di pinggir pantai. Namun, tidak perlu berada dekat laut untuk menemukan matahari terbenam. Jika ingin mencoba suasana berbeda, kamu bisa menyaksikan sunset dari sini.

Anda juga bisa menikmati keindahan laut lepas dan pemukiman penduduk serta pulau-pulau di sekitarnya melalui Bukit Joko Tuwo. Bukit Love memasukkan perjalanan ke Bukit Joko Tuwo dalam jadwal perjalanannya. Di dekat gunung, ada paviliun untuk Anda nikmati laut lepas.

Cerita berlanjut, seorang nelayan di sana menemukan kerangka ikan pada saat itu, dan dia telah menjadi mayat di pantai. Kemudian, komunitas memutuskan untuk mempertahankan kerangka kerja ini selamanya dan mengubahnya menjadi bentuk saat ini.

Bukit Joko Tuwo juga menarik manik-manik rosario besar. Tasbih terbuat dari batu yang dirangkai dengan tali dan memiliki berat 1.000 kilogram. Itu terletak di lereng bukit. Batu hitam ini sering terabaikan karena warnanya yang mencolok. Lebih mudah untuk mendapatkan gambaran yang lengkap dengan melihat rosario raksasa di jalan yang agak menanjak.

Sarana transportasi utama untuk menjelajahi tempat wisata pegunungan paling cocok adalah sepeda motor. Baik Anda pergi ke Bukit Cinta, Bukit Joko Tuwo, atau berjalan-jalan di kawasan bakau. Hanya dibutuhkan waktu 10 menit dari Karimunjawa Plaza untuk mencapai Bukit Love.

Maps

5. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar
traverse.id

Itu pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Wisata yang ada di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Terdiri dari beberapa pulau kecil tak berpenghuni. Ada pulau pinus besar, pulau pinus kecil, pulau Menyangen besar, dan pulau Menyangen kecil. Di sini, saya akan membahas Omatsushima.

Puem Cemara Besar Karimunjawa terletak di bagian timur kepulauan Karimunjawa, merupakan pulau tak berpenghuni, terdapat pantai berpasir putih dan perairan biru di sekitar Pulau Songdo yang besar ini. Jika Anda memang mengunjungi pulau ini, maka Anda akan menikmati pantai berpasir putih dan laut dangkal di sekitar Pulau Songdo yang besar ini.

Pulau ini memang memiliki perairan yang jernih, pantai berpasir putih, dan pepohonan pinus di sepanjang pantai, menjadikan pulau ini salah satu tempat wisata terindah di Jawa Tengah.

Pulau ini memang menjadi salah satu tempat wisata Taman Nasional Karimunjawa. Banyak orang mengunjungi pulau ini karena sangat indah dan pemandangannya sangat menarik.

Orang sering menggunakan barbeque atau ikan bakar untuk menarik wisatawan, yang tampaknya penting. Saat Anda masih di atas perahu, di Pulau Songdo yang besar ini, Anda akan melihat dengan jelas ikan-ikan yang ada di bawah perahu.

Pulau Cemara Besar memiliki pemandangan pantai yang sangat indah, dan juga menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan selama tur Karimunjawa; Pulau Cemara Besar memiliki pasir putih halus di pinggir pantai. Pulau Big Samara sangat cocok sebagai destinasi wisata bahari bagi para wisatawan untuk menghabiskan liburannya di Karimunjawa. Biasanya wisatawan sering bermain-main di pantai dan berjemur bagi yang ingin membuat tampilan kulitnya semakin eksotis.

Beberapa pulau tidak berpenghuni, salah satunya adalah Pulau Big Songdo yang kerap dijadikan tempat berlabuh setelah wisatawan snorkeling di berbagai pulau.

Pulau Songdo yang besar ini seindah surga yang tersembunyi yang membuat kita jatuh cinta dengan yang sedang berlibur disana.Lebih baik pergi ke Karimunjawa dengan paket wisata Karimunjawa yang disediakan oleh banyak biro perjalanan. dan harganya berkisar dari yang paling murah sampai yang paling mahal.

Pulau ini adalah pulau surga, keindahan lautannya membuatmu jatuh cinta. Saya berharap bisa selalu menikmati keindahan Kepulauan Karimunjawa. Menawan, menawan dan menawan.

Maps

Baca Juga Artikel : 11 Wisata Main Air di Malang

6. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo
indonesia kaya

Dari atas ketinggian sekitar 150 mdpl bukit ini tersaji pemandangan indah pulau-pulau yang ada di kawasan Karimunjawa seperti Pulau Menjangan Kecil dan Besar. Sajian matahari tenggelam di kala senja menjadi sajian penutup hari di bukit ini. Inilah Bukit Joko Tuwo, bukit di kawasan Karimunjawa dengan titik pemandangan alam yang menawan.

Semilir angin sepoi-sepoi seperti menjadi teman setia ketika pengunjung menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo. sejauh mata memandang akan tersaji pemandangan yang membuat pandangan seperti dimanjakan oleh keindahan alam Karimunjawa. Pemandangan kapal yang hilir mudik melintasi lautan di kawasan Karimunjawa salah satu pemandangan menarik di sini.

Untuk bisa menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo, pengunjung harus berjalan kaki. Jarak dari titik awal Alun-Alun sekitar 3 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit. Jalur perjalanan yang menanjak dengan pepohonan rindang di sekelilingnya memberikan kesegaran dan kesejukan tersendiri selama perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo. Dalam perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo, pengunjung akan melewati Flower Hill Karimunjawa yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat di saat lelah berjalan kaki.

Selain sajian pemandangan, di Bukit Joko Tuwo kita juga bisa melihat tulang ikan paus yang memiliki panjang sekitar 12 meter dan terletak di sekitar perbukitan. Kerangka ikan paus ini oleh warga sekitar terkenal dengan nama Joko Tuwo. Sekilas, bila dilihat kerangka ini mirip dengan kayu pahatan buatan manusia, namun kerangka ini merupakan asli kerangka ikan paus. Pengunjung juga dapat melihat tasbih berukuran raksasa yang memiliki berat sekitar 1 ton. Sampai kini warga di sekitar Karimun Jawa masih memperbincangkan mengenai keberadaan tasbih yang terbuat dari bebatuan alam ini.

Maps

7. Pulau Sintok

Pulau Sintok
panduan wisata

Penelitian ekowisata merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan ekowisata berkelanjutan dengan menjaga lingkungan.

Ekowisata merupakan industri pariwisata yang memanfaatkan sumber daya alam, lingkungan, dan keunikan alam dan budaya yang dapat menjadi salah satu industri andalan daerah yang belum berkembang secara optimal. Pulau Sintok adalah salah satu pulau yang terletak di bagian utara kepulauan Karimunjawa. Kawasan Taman Nasional Karimujawa termasuk perairan Pulau Sintok yang terbagi menjadi beberapa kabupaten.

Setelah memahami daya dukung Pulau Xindu, maka dipelajari ekowisata Pulau Xindu. Penentuan daya dukung merupakan dasar yang paling tepat dalam pengelolaan ekowisata, terutama pada kawasan dengan kerentanan tinggi. Pelaksanaan penetapan daya dukung memiliki sistem pengelolaan yang kompleks yang harus mempertimbangkan keseimbangan dengan peningkatan permintaan kawasan lindung dan wisatawan.

Daya dukung suatu daerah mengacu pada jumlah wisatawan yang dapat ditampung di suatu daerah, dengan kepuasan wisatawan tertinggi dan dampak paling kecil terhadap sumber daya (Lim, 1998). Daya dukung adalah cara untuk menerapkan konsep ini ketika penggunaan sumber daya dibatasi. Ini untuk melindungi sumber daya secara berkelanjutan tanpa menyebabkan kerusakan sumber daya dan lingkungan. Menurut Clark (1996), daya dukung yang ada lebih banyak digunakan untuk membatasi kegiatan pariwisata.

Pulau Sintok memiliki 3 potensi ekowisata yaitu wisata pantai rekreasi, wisata selam dan wisata snorkeling. Informasi ekologi yang akan dipelajari meliputi daya dukung kawasan dan apakah kawasan tersebut cocok untuk ekowisata. Informasi sosial ekonomi diperoleh melalui survei terhadap komunitas, institusi, komunitas dan organisasi lokal yang mungkin terkena dampak atau berdampak pada ekowisata Pulau Sintok.

Setelah dilakukan penelitian, secara umum hasil kerja lapangan menunjukkan bahwa perairan Pulau Santork cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling, namun hanya di bagian selatan dan barat pulau. Hal ini dikarenakan sisi lain dari Pulau Sintok (seperti sisi utara dan timur) terdapat perairan dengan ombak dan arus yang kuat. Hal ini akan membuat penyelaman menjadi sulit, terutama aktivitas snorkeling di atas air.

Pantai Pulau Sintok sangat cocok untuk relaksasi pantai. Pantai ini memiliki tipe pasir putih yang luas dengan kemiringan kecil dan kadar air pasir dasar yang tinggi. Hal tersebut menjadikan pantai ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas rekreasi pantai. Namun salah satu kekurangan yang kami temukan adalah sulitnya mendapatkan air tawar, dan satu-satunya sumber air yang tersedia adalah air payau.

Maps

Please follow and like us: