7 Destinasi Wisata Yang Ada Di Situbondo

7 Destinasi Wisata Yang Ada Di Situbondo

7 Destinasi Wisata Yang Ada Di Situbondo

7 Destinasi Wisata Yang Ada Di Situbondo
IDN Times

Destinasi Wisata Situbondo – Kabupaten Situbondo adalah salah satu wilayah Provinsi Jawa Timur, Indonesia, pusat pemerintahan dan ibukota daerahnya terletak di Kabupaten Situbondo. Kawasan berada di daerah pesisir utara Pulau Jawa tepatnya di kawasan Tapal Kuda yang dikelilingi oleh rimbunya kebun tebu, lalu ada tembakau, hutan lindung Baluran dan kawasan usaha perikanan. Dengan lokasinya yang unggul, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, aktivitas ekonominya terlihat sangat aktif. Situbondo memiliki Pelabuhan Panarukan, yang dikenal sebagai ujung timur jalan raya pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa, yang dibangun oleh Daendels pada masa penjajahan Belanda.

Situbondo ialah salah satu wilayah yang mempunyai banyak keelokan alam, alhasil harus dimasukkan dalam list kunjungan kamu berikutnya. Sangat cinta bila Situbondo terdapat di pantai tepi laut serta mempunyai tepi laut yang bagus. Tidak hanya darmawisata laut, Kamu pula dapat mendatangi tempat darmawisata yang lain, semacam gedung memiliki. Dikala menapaki jalanan Kabupaten Situbondo, janganlah lewati peluang mendatangi sebagian tempat menarik yang sedia menghibur Kamu. Inilah catatan tempat darmawisata terkenal di Tubondo Barat yang pantas buat dijadikan liburan yang mengasyikkan. Memerlukan liburan yang mengasyikkan? Ikuti catatan tempat darmawisata terbaik di Situbondo Jawa Timur selanjutnya ini.

1. Pantai Tampora

Pantai Tampora
Pesona Jatim

tetonvalleychamber – Pantai Tampora Situbondo merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah keindahan alamnya yang belum tercemar oleh produk manufaktur sebelumnya. Selain dari sudut pandang yang sangat terpuji, biaya pendaftarannya juga sangat irit, sehingga siapapun bisa berkunjung. Meski tak banyak yang tahu namanya, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Memang anak muda sangat suka datang ke sini.

Jika ingin berkunjung ke pantai keren ini silahkan ke Kp. Kalianget di Desa Banyuglugur, Jalan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Tentunya daya tarik dari Pantai Tampora terletak pada keindahan pantainya yang selalu menjadi alasan wisatawan mancanegara datang kesini. Apalagi saat sunrise dan sunset, wisatawan biasanya berbondong-bondong mencari momen-momen indah. Berbagai kamera ultra-presisi juga dimanjakan, membidik pemandangan dengan sudut fokus, sehingga membuatnya berkembang. Selain itu, Pantai Tempura juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya yaitu terdapat berbagai macam satwa yang ada di pantai ini, seperti bintang ular, teripang, bulu babi, ikan kecil, kepiting, dll. Tentu fenomena ini menambah karakter Pantai Tampora. Ditambah penghuninya yang sangat ramah dengan turis. Wah, betul-betul betah di sini. Biasanya pengunjung pantai ini hanya bisa menikmati suasana pantai. Mereka pernah berjalan-jalan santai di garis pantai, pasir putih dan pasir halus, dan angin sepoi-sepoi. Dalam artian, pantai ini merupakan perpaduan antara pasir putih, samudra biru, dan alam hijau.

Harga tiket masuk Pantai Tampora ini hanya sebesar Rp. 5000 saja per orang

Meski tiket masuknya murah, bukan berarti fasilitasnya kurang bagus. Karena pantai ini sudah tertata rapi maka fasilitasnya sangat memadai. Beberapa kemudahan yang kami berikan adalah sebagai berikut: tersedianya area parkir kendaraan, adanya musholla, lalu ada Kamar mandi / MCK, Gazebo untuk duduk duduk santai, Tempat Istirahat, rumah makan, dan masih banyak lagi.

2. Waduk Bajul Mati

Waduk Bajul Mati
FaktualNews.co

Wisata Waduk Bajulmati merupakan sebuah destinasi wisata unik yang menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan, mirip dengan keindahan Raja Ampat versi mini. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda jadikan tujuan wisata bersama keluarga dan pasangan saat liburan malam tahun baru. Penasaran dengan penampakan waduk Bajulmati Situbondo secara keseluruhan? Simak ulasan lengkapnya dari artikel di bawah ini.

Lokasi Waduk Bajulmati berada di perbatasan antara dua wilayah yaitu Desa Wonorejo di Banyuputih di Kecamatan Situbondo dan Desa Watukebo di Wongsorejo di Kabupaten Banyuwangi. Areal waduk tersebut berjarak sekitar 37,9 kilometer dari pusat kota Situbondo dan berjarak 49 menit. Jika berangkat dari Taman Nasional Baluran hanya membutuhkan waktu 19 menit untuk mencapai tempat wisata. Jika wisatawan berangkat dari arah pusat kota Banyuwangi akan memakan waktu kurang lebih 60 menit, dan jarak dari tempat tujuan wisata Waduk Bajulmati sekitar 41,8 Km.

Ini berbeda dengan waduk umum. Waduk Bajulmati memiliki panorama alam yang mempesona dan indah. Di perbukitan kecil yang mengelilingi waduk ini, tempat wisata ini dijuluki “Raja Ampat” atau “Raja Ampat van Java”. Perbukitan kecil dan hijaunya air waduk diiringi hembusan angin sejuk di puncak gunung, memastikan Anda akan merasa nyaman dan tidak ingin meninggalkan tempat wisata ini. Perbukitan inilah yang menjadi daya tarik utama Waduk Situbondo Mati. Dengan latar belakang Gunung Ijen dan kawasan hutan Baluran yang mengelilingi tempat wisata tersebut, kawasan wisata waduk tersebut terlihat begitu eksotis. Wisatawan bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai lokasi foto yang menarik. Selain itu, lokasi pengambilan spot fotografi selanjutnya adalah di jalan sepanjang 100 meter menuju waduk. Dilengkapi dengan pagar pembatas dan tebing batu besar, persis sama. Seolah-olah wisatawan serasa sedang berwisata ke Pantai Pandawa di Bali.

Harga tiket masuk Waduk Bajul Mati ini hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang
Harga parkir kendaraan roda 2 : Rp 10.000
Harga parkir kendaraan roda 4 : Rp 25.000

Jam buka Waduk Bajulmati Situbundo adalah mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Karena matahari belum terlalu terik saat itu, Anda masih bisa dengan nyaman mengunjungi lokasi waduk ini. Beberapa fasilitas Waduk Bajulmati yang bisa Anda kunjungi di lokasi wisata ini selama liburan antara lain: ruang persewaan ATV, persewaan speedboat yang bisa digunakan untuk bypass waduk, outing games, rest area, WC umum dan mushola untuk sholat.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Kupang yang Keindahan Kota Terbesar di Pulau Timor

3. Pantai Lempuyang

Pantai Lempuyang
Pinterest

Wisata Pantai Lempuyang Situbondo adalah satu dari beberapa tempat wisata yang terletak di Cagar Alam TNI-Baluran, dapat diakses melalui pintu masuk Karangtekok Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Lempyangsi Tubando Beach Resort sangat sibuk pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan dapat memberikan perasaan yang berbeda pada aktivitas kita sehari-hari. Wisata Pantai Lempyang Situbondo memiliki pesona yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda tidak mengikuti wisata Pantai Lempuyang Situbondo di kota Situbondo, pemandangan indahnya tiada duanya.

Darmawisata Tepi laut Lempuyangsi Tubando ialah destinasi darmawisata yang harus didatangi sebab keelokan serta pesonanya tidak terdapat duanya. Masyarakat lokal area Situbondo pula amat berkawan dengan turis lokal ataupun mancanegara. Kota Situbondo pula populer dengan darmawisata tepi laut Lempyan Situbondo yang ialah darmawisata yang amat menarik. Cagar alam TNI- Baluran antara lain Tepi laut Lempuyang yang bisa digapai dari pintu masuk Karangtekok lewat jalur bumi ataupun dengan mencarter perahu Pasir di tepi laut ini amat bersih serta mempunyai karang laut yang baik. Subjek itu belum mempunyai alat serta infrastruktur. Sebab belum banyak turis yang bertamu ke Tepi laut Lempuyang, panorama alam alamnya sedang sedemikian itu natural. Liburan di Tepi laut Lempuyang tentu hendak membuat Kamu serasa terletak di tepi laut individu yang dapat dinikmati turis.

Wisata Pantai Lempuyang Situbondo bisa dikatakan sebagai wisata pantai, karena Pantai Lempuyang masih alami namun belum terdapat fasilitas disekitarnya, namun bagi sebagian orang beberapa fasilitas kecil tersebut antara lain: tersedianya area parkir kendaraan, terdapat tempat istirahat, kamar mandi dan masih banyak lagi.

Sedikit tips untuk kalian anda Perlu persiapkan kebutuhan yang diperlukan, seperti ganti baju, handuk, dll. Dan beberapa barang lainnya, seperti kamera, karena Anda memang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman. Jangan lupa membawa peralatan kesehatan (seperti sabun, tisu basah, obat, minyak angin). Persiapkan tubuh dan kendaraan Anda agar liburan berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu hati-hati, ihategreenjello.com

4. Pabrik Gula Olean

Pabrik Gula Olean
TripAdvisor

Jenuh mendatangi tempat darmawisata alam? Tidak diragukan lagi dengan Pabrik Gula Orly yang terdapat di tanah Kabupaten Situpando ini. Semenjak berdiri tahun 1864, pabrik berumur ini sudah memproduksi gula terbaik. Style arsitektur yang istimewa hendak bawa Kamu ke area darmawisata serta bawa Kamu ke era kemudian. Situbondo Olean Sugar Factory Tour merupakan satu dari beberapa tempat darmawisata di Jalur Laksamana Muda Adi Sucipto, Dusun Olean, Dusun Olean, Kecamatan Situbondo, pada Kabupaten Situbondo, provinsi Jawa Timur, negara Indonesia. Darmawisata Pabrik Gula Olean Situbondo ialah tempat darmawisata yang marak didatangi turis pada hari lazim ataupun hari prei. Tempat ini amat bagus serta bisa membagikan perasaan yang berlainan pada kegiatan kita tiap hari. Darmawisata Pabrik Gula Olean di Situbondo memanglah bagus serta pantas buat didatangi.

Wisata Pabrik Gula Olean Situbondo menjadi sebuah obyek dan subyek wisata yang harus anda kunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan Situbondo pula amat berkawan dengan turis lokal ataupun turis mancanegara . Di Kota Situbondo pula termasyur  dengan darmawisata pabrik gula Olean Situbondo yang amat menarik buat didatangi. Aktivitas penciptaan pabrik dengan jenis gula ini sangat menarik, kita dapat mengetahui bagaimana proses produksi gula dimulai di pabrik-pabrik tebu yang siap untuk di giling menjadi gula pasir kemasan. Pabrik gula tidak lepas dari bangunan-bangunan kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi, baik itu pabrik induknya sendiri maupun bangunan sekitarnya. Bangunan khas ini juga sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai objek wisata sejarah. Mesin tua untuk pengolahan gula masih beroperasi, dan tentunya kereta api (wagon). Semakin pendek waktu pengoperasian alat angkut tebu antik yang pernah sukses ini, semakin sedikit. Pabrik gula yang bisa dikunjungi oleh truk ini dengan membawa wisatawan berkeliling area pabrik dan ladang tebu.

Wisata Pabrik Gula Olean Situbondo dapat dikatakan sebagai wisata dengan berbagai sarana, prasarana dan pelayanan, diantaranya: tersedianya area parkir kendaraan, terdapat Mushola, lalu terdapat Kamar mandi / MCK, Tempat Istirahat, dan masih banyak lainya

Sedikit tips untuk kalian jika ingin berkunjung ke sini Anda perlu menyiapkan kebutuhan yang diperlukan, seperti perbekalan, air minum dan barang lainnya. Ada juga beberapa barang lainnya, seperti kamera, karena Anda memang ingin menghabiskan waktu yang tak terlupakan bersama keluarga atau teman. Jangan lupa membawa alat kesehatan (seperti sabun, tisu basah, obat-obatan, minyak angin). Persiapkan raga mu dan kendaraan Anda agar rencana liburanmu berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu ingat untuk hati-hati.

5. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong
Suara Surabaya

Darmawisata Air terjunTarempong Situbundo ialah salah satu tempat darmawisata alam yang terdapat di Dusun Talemong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Darmawisata Air terjun Tallempong Situbondo ialah tempat darmawisata yang marak pada hari lazim, akhir minggu ataupun hari libur. Tempat ini amat asri serta dapat membagikan atmosfer yang membuat kegiatan tiap hari kita menjemukan.

Wisata Air Terjun Tarampong merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi karena pesona indahnya tidak ada duanya. Penduduk lokal di kawasan Talempong sangat ramah kepada wisatawan lokal, penduduk kota bahkan wisatawan mancanegara.Situbondo juga terkenal dengan banyak tempat wisatanya, salah satunya Wisata Air Terjun Tarempong. Di pintu gerbang Desa Talempong, udara dingin menyambut Anda. Di depan gapura desa tumbuh pepohonan dan kosambhi (kesambi) dengan batang berwarna merah di sisi kanan dan kiri jalan. Lumut hijau ini berkembang biak di bebatuan Air Terjun Telempong. Karena tempat ini sangat lembab. Ia mengatakan lumut juga bisa digunakan sebagai obat. Selain itu, terdapat air yang segar dan dingin untuk perjalanan ke Air Terjun Tarum Pong ini, jadi jika Anda berwisata ke air terjun ini pada musim kemarau akan menjadi pilihan yang tepat. Nama air terjun ini diambil dari nama desa tempat air terjun tersebut berada yaitu Desa Tarumpong, oleh karena itu air terjun tersebut dinamai Air Terjun Tarumpong.

Harga tiket masuk Air Terjun Talempong ini hanya sebesar Rp 10.000 saja per orang.

Wisata Air Terjun Talempong dapat dikatakan sebagai wisata dengan berbagai sarana, prasarana dan pelayanan, diantaranya: tersedianya area parkir kendaraan, terdapat Mushola, lalu terdapat Kamar mandi / MCK, Tempat Istirahat, dan masih banyak lainya

Baca Juga : 6 Pesona Kota Tomohon

6. Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak
Kampong Nelayan Resort

Wisata Air Terjun Setancak Situbando adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Desa Mojo Sari, Jalan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wisata air terjun seperti Setancak Situbondo merupakan obyek wisata yang ramai pada hari biasa maupun pada akhir pekan atau hari libur. Tempat ini sangat asri dan bisa memberikan suasana yang membuat aktivitas sehari-hari kita membosankan.

Darmawisata air terjun memanglah sedekat Situbondo, sebab keindahannya jadi obyek darmawisata yang harus didatangi, yang tidak duanya . Penduduk lokal kawasan Mojo Sari sangat bersahabat dengan wisatawan lokal, wisatawan mancanegara bahkan wisatawan mancanegara. Kota Situbondo juga terkenal dengan banyak tempat wisata, contohnya wisata air terjun ini begitu besar, ketinggian air terjun Setancak Situbondo sekitar 8 meter dan lebar maksimum 10 meter. Selain menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah, burung walet yang berada di sebelah Air Terjun Setankak juga akan menyuguhkan pemandangan yang menarik bagi pengunjung. Menurut sebuah cerita, Air Terjun Setancak konon merupakan tempat pemandian burung tas di dekat tempat wisata. Acara menarik ini bisa Anda saksikan sekitar pukul 06.00 pagi dan sekitar pukul 05.00 sore atau menjelang senja. Nama Air Terjun Setancak diambil dari kata daerahnya, yaitu kata “Tancak” yang berarti air yang mengalir di Madure. Hal ini menunjukkan bahwa asal mula tempat wisata adalah karena terbentuknya air terjun yang tiba-tiba muncul dari dalam tanah.

Harga tiket masuk Air Terjun Setancak ini hanya sebesar Rp 15000 saja per orang, Memang cukup murah, tapi jangan salah mengira itu tidak murah untuk menikmati keindahannya.

Fasilitas yang tersedia : tersedianya area parkir kendaraan, terdapat Mushola, lalu terdapat Kamar mandi / MCK, Tempat Istirahat, dan lain sebagainya.

7. Wisata Kampung Kerapu

Wisata Kampung Kerapu
Daka Tour

Wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Situbondo, berikut adalah wisata desa kerapu. Tempat ini paling cocok untuk Anda jalan-jalan dari sore hingga malam hari agar Anda bisa menghabiskan waktu menikmati pemandangan dan bersantai. Dari namanya anda akan tahu bahwa desa ini disebut desa kerapu karena banyak terdapat keramba ikan kerapu di laut. Selain itu, tempat wisata ini memiliki banyak daya tarik dan menarik banyak wisatawan. Wisata desa kerapu Situbondo ini pertama kali dibuka pada tanggal 15 Desember 2018. Yang membuatnya unik adalah adanya dermaga kayu yang menjorok ke laut dan memanjang 300 meter dalam lintasan melingkar. Lokasi ini memungkinkan pengunjung untuk berjalan di trek, menikmati pemandangan laut, dan melihat keramba ikan dengan jelas. Selain itu, terdapat banyak fasilitas hiburan, seperti naik perahu dekat keramba, bermain banana boat, bermain di dermaga apung dan lain sebagainya. Saat malam hari, wisata desa kerapu ini akan terlihat sangat indah dengan berbagai lampu dan lampion berbentuk ikan yang niscaya akan sangat membantu anda untuk berfoto. Ada juga pertunjukan air mancur warna-warni di Seta, dan Anda bisa melihat malam di wisata desa Kerapu Situbondo ini.

Darmawisata yang satu ini terletak di Gundit, Dusun Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Berjarak dekat 13, 8 Kilometer dari pusat kota situbondo serta bisa ditempuh memakai alat transportasi bermotor dengan durasi ekspedisi dekat 22 menit.

Harga tiket masuk Wisata Kampung Kerapu :
– pada siang hari = Rp 5.000.
– pada malam hari = Rp 10.000
Biaya parkir :
– motor = Rp 2.000
– mobil = Rp 5.000
Jam buka wisata ini adalah dari jam 08.00 sampai dengan 20.00, jadi anda bisa berkunjung pada waktu tersebut.

Fasilitas yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Kampung Kerap juga sangat lengkap, terdapat berbagai macam spot fotografi, lampion, tempat duduk, banana boat, WC umum, tempat makan, tempat parkir dan masih banyak lagi fasilitas lainnya serta transportasi air lainnya. Untuk kenyamanan wisatawan.

Please follow and like us: