5 Destinasi Wisata Kota Reog Ponorogo

5 Destinasi Wisata Kota Reog Ponorogo

5 Destinasi Wisata Kota Reog Ponorogo

5 Destinasi Wisata Kota Reog Ponorogo
TripZilla Indonesia

Destinasi Wisata Kota Reog Ponorogo –  Kabupaten Ponorogo ialah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak pada ketinggian 111- 17- 111° 52 Panjang Timur serta LS 7° 49- 8° 20, dengan ketinggian 92- 2. 563 m serta besar 1. 371, 78 km persegi. 5] Kabupaten ini terdapat di bagian barat Provinsi Jawa Timur, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, ataupun lebih persisnya 220 km barat energi Surabaya, bunda kota Provinsi Jawa Timur. Bersumber pada informasi masyarakat Kabupaten Ponorogo semester I tahun 2016 jumlah masyarakat Kabupaten Ponorogo tahun 2016 sebesar 924. 913 jiwa.

Kabupaten Ponorogo dijuluki kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini merupakan daerah asal mula kesenian Reog. Ponorogo dapat dikenal juga dengan sebutan Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren yang satu diantaranya yaitu contohnya seperti Pondok Pesantren Darussalam Gunto yang terkenal terletak di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak.

tetonvalleychamber – Tak bisa dipungkiri, Ponorogo terkenal dengan kota Leighe, karena inilah kesenian asli di sana. Bahkan kesenian tradisional ini menjadi simbol Kota Ponorogo. Tidak hanya seni yang dilibatkan, resor wisata Ponorogo juga menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung dan menyaksikan pemandangan alamnya. Apa kalian penasaran apa saja tempat tempat wisata yang terdapat di ponorogo, mari kita bahas satu persatu.

1. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah
IDN Times

ihategreenjello.com-Darmawisata Air terjun Sunggah di ponorogo ialah salah satu tempat darmawisata yang terdapat di desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Darmawisata Air terjun Sunggah di Ponorogo yakni tempat darmawisata yang harus kalian datangi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Masyarakat lokal wilayah Wisata Air Terjun Sunggah di Ponorogo pula amat ramah tamah kepada turis lokal ataupun turis asing. Kota Ponorogo pula populer hendak wisata Air Terjun Sunggah di Ponorogo yang amat menarik buat didatangi. Air yang meluncur kencang dari ketinggian, jatuh hal bebatuan yang terdapat di bawahnya memunculkan suara gemericik air menaikkan atmosfer yang asri. Air yang berawal dari pegunungan ini terasa sedemikian itu dingin dikala dijamah. Tidak hanya dingin, air yang mengalir pula amat bening. Tidak cuma itu, gerakan air terjun Sunggah yang dibawahnya dipadati bermacam tipe ikan ini lalu mengalir sepanjang tahun.

Umumnya, jika masa gersang, suara gemericik air hendak terdengar hingga jauh. Suara gemericik air ini oleh warga mari dijadikan selaku tanda- tanda hendak tiba masa gersang. Tidak hanya airnya dingin serta bening, panorama alam di sekelilingnya pula sedang natural. Di bagian dasar ada beberan bebatuan bengawan yang teratur random dengan cara natural dengan beraneka ragam dimensi yang menaikkan keelokan Air Terjun Sunggah ini. Tidak cuma bagus dari bagian dasar, di bagian atas area wisata Air Terjun Sunggah juga tidak takluk menarik buat dinikmati. Atmosfer bengawan di tengah hutan ditambah dengan pepohonan hijau yang terdapat di sekelilingnya hendak membuat siapapun yang bertamu ke tempat ini hendak senang lama.

Wisata Air Terjun Sunggah di Ponorogo dapat dikatakan suatu wisata alam yang mempunyai sebagian hendak sarana yang sudah diadakan oleh masyarakat dekat di antara lain selaku selanjutnya:

– Halaman parkir untuk kendaraan
– Terdapat musholla
– Terdapat kamar mandi atau MCK
– Jika kalian lelah disini juga terdapat tempat istirahat, dan masih banyak lagi

Saat sebelum mengarah tempat darmawisata Air Turun Unggah S di Ponorogo, Kamu butuh membagikan anjuran serta edukasi, Kamu butuh menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, semacam bawa bekal, air minum serta benda yang lain. Terdapat pula sebagian item tambahan, semacam kamera, sebab pastinya mau merekam momen ini bersama keluarga ataupun sahabat. Tidak ingat bawa perlengkapan kesehatan( coretan sabun, tisu air, obat- obatan, pembunuh hama). Persiapkan berolahraga serta pemindahan buat mempermudah liburan Kamu. Tangani situasinya sendiri, serta senantiasa berjaga- jaga.

2. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel
Liputan6.com

Danau-danau di Indonesia begitu menawan, sama seperti danau-danau di Kabupaten Ponorogo. Danau di kaki Gunung Willis ini lebih dikenal dengan Telaga Ngebel dan sangat terkenal. Selain keindahan alamnya, sejuknya udara kawasan ini sungguh menentramkan hati. Ponorogo dahulu dikenal dengan Wisata Budaya Reog Ponorogo.

Keberadaan telaga ini melengkapi industri pariwisata di Kabupaten Kabupaten Jawa Timur. Mitos tentang asal muasal danau ini telah menimbulkan banyak perbincangan masyarakat. Tapi ngomongin wahana di Telaga Ngebel juga tak kalah seru. Mulai dari perkemahan, water tour akan mengajak rubah. Keseruan dari berbagai wahana tersebut dirangkum dalam pembahasan berikut ini.Bberapa aktivitas menarik yang dapat dijajal di Telaga Ngebel, kami akan memberi beberapa referensi kegiatan asyik yang dapat dilakukan di Telaga Ngebel:

– Menitari telaga Ngebel dengan berperahu

Berperahu juga bisa menikmati keindahan alam Telaga Ngebel yang menawan. Tentunya asyik bisa mendayung perahu sambil menikmati sejuknya air danau. Pengunjung dapat memilih dua opsi berperahu. Pertama, kapal biasa dengan kapasitas penumpang relatif besar yang hanya mengitari danau. Pada saat yang sama, jika ingin sedikit menantang, Anda bisa mencoba speed boat. Selain jalan-jalan, pengunjung akan tertarik untuk menguji adrenalin dengan cara yang menarik. Jangan lupa untuk berfoto saat berperahu, terutama saat matahari terbenam.

– Bermain di telaga dengan menggunakan sepeda air

Cara lain untuk menjelajahi Telaga Ngebel tanpa harus naik perahu adalah dengan naik sepeda air. Sepeda air di sini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bebek hingga ikan. Bentuk dekoratifnya yang lucu menarik perhatian para wisatawan, khususnya anak-anak. Untuk mencoba wahana tersebut, pengunjung akan dikenakan tiket yang cukup terjangkau. Tentunya bisa mengendarai sepeda di danau itu sangat menyenangkan, apalagi bersama keluarga. Kalaupun di kemudian hari kamu akan penat karena pekerjaan sehari-hari, momen ini bisa menghilangkan penat.

– Jika kalian ingin merasakan berekmah kalian dapat merasakan berkemah di sekitar danau atau telaga.
Suasana danau yang asri dan sejuk sangat cocok untuk berkemah. Pengelola pun memberikan sebidang tanah kepada Hudong. Lapangan ini biasanya digunakan untuk berkemah di sekolah dan kamp umum.

– Jika kalian ingin memacu adrenalin kalian dapat menjajal wahana Flying Fox
Meski kebanyakan wahana berkaitan dengan air, pengelola juga menyediakan wahana selain air. Merupakan mobil flying fox yang bisa menguji adrenalin para wisatawan. Meluncur dengan rubah di danau pasti akan memberi pengunjung pengalaman yang mengasyikkan.

– Bagi kalian pecinta kuliner tenang saja karena disini banyak tersedia warung warung atau tempat tempat makan untuk menjajal wisata kulinernya.
Setiap objek wisata selalu memiliki ciri khas wisatanya. Bahkan di tempat wisata ini Anda bisa menikmati beberapa kuliner khas di sini. Pertama-tama ikan, yang namanya wisata danau pasti ikan. Ikan nila ialah salah satu ikan air payau atau tawar yang dapat dinikmati turis di mari. Banyak restoran di sekitar danau menawarkan masakan khusus. Kebanyakan ikan air tawar diolah dengan barbekyu. Supaya senantiasa fresh, ikan itu terkini terbakar sehabis terdapat yang memesan. Sambil menunggu ikan bakar matang, pengunjung bisa menikmati air danau yang khas sambil mengobrol. Setelah sekitar 10 menit menunggu, sajikan ikan bakar dengan nasi, sambal dan lalapan.

Selain ikan nila bakar, ada menu ikan lain yang menjadi andalan resort. Masyarakat setempat menyebut ikan ini ikan ngogok. Jika disantap dengan udon pasang surut, lalapan dan sambal, ikan goyang akan terasa nikmat. Tidak cukup hanya ikan yang menjadi kuliner khas Telaga Ngebel. Anda juga harus mencoba makanan lezat lainnya dari objek wisata ini dan menggunakannya sebagai oleh-oleh. Masakan ini berupa buah-buahan, sehingga hanya bisa dinikmati pada bulan Desember hingga Maret. Durian merupakan salah satu kelezatan buah yang wajib dicoba oleh pengunjung. Karena di daerah inilah durian diproduksi maka harganya pun sangat murah. Jika durian dibawa ke luar danau, harganya bisa dua kali lipat.

Harga tiket yang harus dibayar wisatawan untuk masuk ke danau sangat terjangkau. Dengan tiket ini, pengunjung bisa berkeliling danau dengan mobil satu arah. untuk Tiket Masuk Rp7.000, jika ingin meniaki perahu atau speedboat harganya bervariasi ada yang Speed Boat Lewat Tengah Rp60.000, jika Speed Boat Lewat Tepi Rp100.000, lalu jika Speed Boat 1 Paket Rp150.000. Anda bisa mengunjungi telaga ini setiap hari (hari kerja dan akhir pekan). Buka dari pagi mulai jam 08.00 sampai dengan sore jam 18.00 WIB. Sedangkan untuk sarana dan prasarana Telaga Ngebel, dikarenakan banyaknya fasilitas yang disediakan maka sarana telaga juga cukup memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, Anda bisa memarkir baik motor maupun mobil. Lalu ada masjid dan toilet di antara orang-orang di berbagai tempat.

Baca Juga : 7 Pesona Air Terjun Yang Ada Di Jawa Timur

3.  Goa Lowo di ponorogo

Goa Lowo di ponorogo
kompasiana.com

Wisata Goa Lowo di Ponorogo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Sampung. Kabupaten Ponorogo. Provinsi Jawa Timur. Negara indonesia. Wisata Goa Lowo di Ponorogo menjadi tujuan wisata yang ramai pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat asri dan bisa memberikan perasaan berbeda untuk aktivitas kita sehari-hari. Dinas Pariwisata Goa Lovo Ponorogo memiliki pesona yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Sayangnya jika Anda sedang berada di kota Ponorogo malah berwisata ke goa dengan keindahan yang tak tertandingi.

Wisata Goa Lowo Ponorogo amat sesuai buat memenuhi kegiatan liburan kamu , terutama pada dikala prei jauh semacam hari libur nasional ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata Goa Lowo di Ponorogo sangat cocok untuk semua orang yang dekat maupun yang jauh.Anda bisa mengunjungi Wisata Goa Lowo di Ponorogo Ponorogo.
Wisata Goa Lowo di Ponorogo menjadi objek darmawisata yang harus didatangi sebab keindahannya tidak terdapat duanya. Penduduk lokal di kawasan Sampung juga sangat bersahabat dengan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ponorogo juga terkenal dengan keindahan tempat wisatanya seperti Wisata Goalovo di Ponorogo Letak geografis Goalovo sangat sulit dijangkau Mungkin goa ini selalu sepi bagi wisatawan, alasannya. Tempat sembahyang berada di kawasan hutan jati dan butuh sedikit tenaga untuk sampai kesana. Saat musim hujan, kita harus melewati hutan jati yang becek. Gua ini berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Meski suasananya sedikit misterius, mengunjungi gua ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi bagi yang suka mengambil resiko.

Wisata Goa Lowo Ponorogo bisa dikatakan sebagai wisata goa yang menawarkan berbagai fasilitas dan layanan antara lain:

– Zona parkir untuk kendaraan
– Area musholla untuk sembahyang
– Terdapat kamar mandi atau MCK
– Jika kalian lapar disini juga terdapat rumah makan, dan masih banyak lagi
Sedikit tips sebelum berangkat ke Goalovo di Ponorogo, Anda perlu menyiapkan saran dan keterampilan yang diperlukan. Dan beberapa item lainnya (seperti kamera) karena Anda memang ingin mengabadikan waktu bersama keluarga atau teman. Jangan lupa membawa perbekalan kesehatan (seperti sabun, tisu basah, sampo, pengawet). Persiapkan tubuh dan kendaraan Anda agar liburan berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu hati-hati.

4. Air Terjun Widodaren

Air Terjun Widodaren
kmstour.com

Di Ponorogo terdapat suatu obyek awisata kecil ialah Air Terjun Widodaren. Walaupun cuma hingga air terjun kecil, tetapi destinasi wisata ini mempunyai eksotisme yang luar biasa bagus. Posisi Air Terjun Widodaren ini terletak di Dusun Bulu Lor, Kecamatan Merah muda, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Air terjun ini sangat indah dan masih sangat alami. Untuk mendapatkan aliran maksimum, silakan berkunjung selama musim hujan, karena drainase sangat sedikit di musim panas. Sesampainya di lokasi, Anda bisa menikmati suara air terjun yang jatuh dari tangga tebing di sana. Jika Anda menyukai Air Terjun Wododaren (Air Terjun Wododaren), pemandangan alam yang mempesona di sekitarnya akan menambah pesona tersendiri.

Tidak hanya bisa menikmati gemericik air terjun, dari atas bukit Kamu pula menikmati panorama alam kota yang nampak amat akbar serta elok. Para wisatawan yang telah sempat bertamu ke mari dipastikan hendak kembali lagi. Buat merambah air terjun ini, Kamu cuma dikenakan biasaya parkir sebab belum terdapat pungutan karcis. Perihal itu disebabkan subjek wisata ini sedang diatur dengan cara swadaya oleh warga setempat.

Selain itu tidak ada warung di air terjun tersebut. Oleh karena jika kalian akan ke mari disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman. Tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota. Jika Anda berangkat dari Alun-Alun Ponorogo, silakan berkendara ke utara menuju perempatan Tambak Bayan. Kemudian belok kanan atau barat hingga sampai di perempatan Pasar Sumoroto, kemudian belok ke selatan dan kiri hingga melihat pasar yang landai.

Setelah sampai di Pasar Kangdong, belok kanan atau berkendara ke arah yang berat hingga Anda menemukan Desa Bulu Lor. Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus terus berjalan melalui jalan setapak di hutan jati yang gelap. Namun harus hati-hati, karena pada musim hujan banyak tempat menuju air terjun yang sangat licin.

Baca Juga : 6 Tempat wisata Di Bogor Terkenal Ini Harus Kamu Kunjungi

 

5. Wisata Gunung Bayangkaki

Wisata Gunung Bayangkaki
youtube

Wisata Gunung Bayangkaki Ponorogo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Gunung Bayangkaki di Ponorogo merupakan tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini amat asri serta dapat membagikan perasaan berlainan untuk kegiatan kita tiap hari. Wisata gunung Bayangkaki di Ponorogo sangat menarik.

Dibalik keindahan alam dan bebatuan besar yang kokoh, Bayangkaki memiliki keunikan-keunikan, dan masih diselimuti oleh hal-hal dan mitos yang terus berkembang di masyarakat. Di balik mitos misterius yang menyelimuti bayang-bayang, Bayangkaki memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Wisata gunung Bayangkaki Ponorogo bisa dikatakan sebagai wisata gunung, yang memiliki fasilitas paling sedikit yang diberikan oleh warga sekitar, diantaranya:
– Halaman zona Parkir kendaraan
– Mushola
– Kamar mandi atau MCK
– Tempat untuk Istirahat
– serta sedang terdapat lainya

Sedikit saran dan tips untuk kalian sebelum menuju tempat wisata gunung Bayangkaki di Ponorogo, Anda perlu mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan, seperti membawa bekal, air minum dan barang lainnya. Dan beberapa item lainnya (seperti kamera) karena Anda memang ingin mengabadikan waktu bersama keluarga atau teman. Jangan lupa membawa alat kesehatan (seperti sabun, tisu basah, obat-obatan, pengawet). Persiapkan tubuh dan kendaraan Anda agar liburan berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu hati-hati.

Please follow and like us: