11 Wisata Main Air di Malang

11 Wisata Main Air di Malang

11 Wisata Main Air di Malang

11 Wisata Main Air di Malang
tokopedia

Wisata Main Air di Malang – Malang tidak pernah kehabisan ide untuk menarik wisatawan datang ke sana. Disini selalu muncul berbagai macam ide dalam mengelola lingkungannya menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya wisata buatannya saja yang bisa menarik perhatiannya, tetapi banyak pula wisata alamnya yang patut untuk dicoba bersama keluarga untuk menghabiskan moment liburan akhir pekan ataupun libur panjang yang sayang untuk dilewatkan. Sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi wisata air, karena selain memiliki pemandangan yang indah tetapi juga untuk menikmati segarnya udara dingin di Malang. Untuk wisatawan yang tertarik dengan fotografi, wisata air juga bisa menjadi objek menarik dalam mendalami hobi fotrografinya. Ini beberapa wisata air di Malang yang sayang untuk kalian lewatkan:

1. Sumber Taman

Sumber Taman
merdeka

Berwisata di Malang seolah tak habis dengan berbagai wisata alamnya yang menarik dan penuh dengan cerita misteri, termasuk sumber mata air. Meskipun berada dalam satu kecamatan, tetapi sumber Taman terletak di antara dua desa yaitu,desa Karangsuko dan desa Brongkal. Tak heran, kawasan Sumber Taman memang memiliki pemandangan dan suasana yang sangat nyaman. Sekeliling kolam sumber mata air dipenuhi dengan pepohonan besar dan rindang. Melirik pada pohon besar yang ada di sekitar pemandian Sumber Taman, konon pohon-pohon tersebut telah berusia ratusan tahun. Berdasarkan legenda yang diyakini, lokasi mata air sumber taman ini dahulunya merupakan sebuah taman yang indah.
Sayangnya, di tempat wisata ini, Anda tidak akan menemukan penginapan. Jika Anda ingin menginap, penginapan terdekat berada di Kecamatan Gondanglegi, atau bisa juga menginap di Kepanjen.

Alamat :
Maps
Harga Tiket :
– Tiket masuk : Rp. 3000,-
– Parkir mobil : Rp. 5000,-
– Parkir motor : Rp. 2000,-
– Jika ingin menggunakan fasilitas lain seperti toilet, hanya membayar Rp.2000,- untuk biaya kebersihan tentunya
– Sementara untuk sewa ban untuk berenang hanya dipatok harga Rp. 5000,- untuk pemakaian sepuasnya.

2. Sumber Jenon

Sumber Jenon
inews.id

Selain Sumber Taman, Malang juga punya satu sumber mata air andalan yang keindahannya mampu menyihir setiap pengunjung yang datang. Sumber mata air ini berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. Sumber Jenon terletak di kawasan Gunung Ronggo, kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Sumber Jenon namanya, Sumber Jenon berbentuk seperti kolam dengan bagian dasar tertutupi batako. Kedalaman sumber mata air ini mencapai kedalaman hingga 4 meter. Jadi, bagi kamu yang tak bisa berenang, kamu bisa menyewa ban yang berfungsi sebagai pelampung saat menikmati kesegaran airnya.Uniknya, terdapat batang pohon Jenu yang membujur dari arah Barat ke arah Timur dalam Sumber Jenon. Tak hanya itu, keindahan paling menonjol dari Sumber Jenon adalah airnya yang jernih dan berwarna biru kehijau-hijauan.
Mitos yang paling santer terdengar dari Sumber Jenon terkait dengan efeknya yang menyembuhkan. Rumor mangatakan bahwa mata air Sumber Jenon diyakini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kulit. Tak hanya itu, dalam sumber mata air ini terdapat ikan Sengkaring yang diyakini memiliki usia ratusan tahun.Ikan Sengkaring adalah ikan berwarna hitam dan merah yang berukuran sekitar 50-170 centimeter. Jumlah ikan Sengkaring ini diyakini tak pernah berubah. Meskipun telah berkali-kali dipancing, ikan Sengkaring ini diyakini tetap berjumlah 37 ekor.
Spot foto disini tak kalah menarik yang menjadi daya tarik tersendiri di sumber jenon , karena susah sekali sekarang mencari kolam yang seperti itu tentunya. Kalian sudah kesana belum??? Jika belum langsung aja kesana di jamin kalian yang suka berfoto ria akan memiliki dokumentasi yang menarik.

Alamat :
Maps
Harga Tiket :
Rp. 2000,- per orang
Jam Operasional :
07.00 – 17.00 WIB

Baca Juga : 5 Wisata Snorkeling di Jawa Timur yang Indah

3. Sumber Sirah

Sumber Sirah
jejakpiknik.com

Wisata Air Sumber Sirah, yang terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, tempat ini masih tergolong baru dari ratusan tempat wisata di Malang dengan keindahan alamnya, Sumber Sirah merupakan wisata sumber air tawar yang sangat jernih, dimana para traveller dimanjakan dengan surga keindahan di dalam sumber sambil snorkeling.Keistimewaan yang membuat mata air saat ini lagi hits dikalangan traveller di Malang, yaitu pemandangan menakjubkan keindahan ganggang hijau di dasarnya. Jika para traveller datang kesini, dihimbau untuk menyiapkan pakaian renang, snorkel, serta kamera tahan air, soalnya yakin para traveller bakal ketagihan main air di tempat tersebut.
Bagi para traveller yang bingung mencari tempat wisata di Malang yang gratis, mata air ini bisa menjadi pilihan karena tidak ada biaya tiket masuk alias tanpa dipungut biaya.

Alamat :
Maps
Harga Tiket :
Tiket masuk : Rp. 1000,-
Sewa ban dewasa : Rp. 3000,-
Sewa ban anak-anak : Rp. 2000,-
Jam Operasional :
07.00 – 17.00
Jangan kawatir lokasi ini dibuka mulai hari senin-minggu. Hari libur pun tetap buka

4. Sumber Maron

Sumber Maron
nahwa tur

Tempat yang satu ini bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur, dan yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah sumber mata air yang sangat jernih dan air terjun kecil yang ada disana. Saat ini pengunjung yang datang tidak hanya dari warga sekitar namun juga banyak pengunjung dari luar kota yang datang kesana untuk melihat secara langsung objek wisata ini, terutama pada saat hari libur atau akhir pekan. Yang menjadi perhatian dari tempat ini adalah sumber mata air yang mengalir dengan begitu jernihnya sehingga orang berendam diair tersebut akan merasakan kesegaran air yang alami, apalagi mata ir tersebut berada diantara area persawahan sehingga nuansa alaminya masih sangat kental.
Selain itu didalam destinasi wisata ini terdapat pula air terjun mini yang diberi nama oleh warga sekitar sebagai Grojogan Sewu, air terjun dengan ketinggian 5 – 6 meter ini sangat disukai oleh pengunjung, apalagi pengunjung yang datang dapat menikmati kucuran air yang jatuh dari atas menuju kebawah. Hal itulah yang membuat tempat ini mulai ngehits.
Fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung juga lumayan lengkap seperti kamar mandi, ruang ganti, loker untuk penitipan barang dan masih banyak lagi. Disana juga ada penyewaan peralatan berenang seperti sewa ban sehingga pengunjung tidak perlu risau jika ingin berenang disana, apalagi terdapat kegiatan lain yang bisa dilakukan pengunjung seperti flying fox, terapi ikan dan lain sebagainya.

Alamat :
Maps
Harga Tiket :
– Parkir motor : Rp. 2000,
– Parkir mobil : Rp. 5000,-
– Sewa ban kecil : Rp. 3000,-
– Sewa ban sedang : Rp. 7000,-
– Sewa ban untuk river tubing : Rp. 10.000,-
– Sewa karpet untuk lesehan : Rp. 3000,-
– Loker untuk penitipan barang : Rp. 3000,-
– Kamar mandi : Rp. 2000,-
– WC : Rp. 2000,-
– Ruang ganti : Rp.1000,-
– Flying fox : Rp. 10.000,-
– Terapi ikan : Rp. 15.000,-
Jam Operasi :
07.00 – 18.00 WIB ( senin – minggu )

5. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar
travelspromo

Sumber air panas yang terletak di desa cangar kelurahan Tulungrejo kecamatan Bumiaji kota Batu. Kawasan Cangar masih termasuk dalam wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo yang berbatasan dengan kabupatan Mojokerto. Sumber air panas cangar berasal dari gunung Welirang. Cangar merupakan pemandian yang masih alami dengan sentuhan sedikit tangan manusia. Berjarak 20 km dari arah kota Batu kurang lebih jarak tempuhnya satu jam sampai satu setengah jam.
Sumber yang berada di kaki Gunung Welirang ini, merupakan sumber air panas alami, karena panas yang berasal dari aktivitas Gunung Welirang. Wisata ini menyajikan terapi dan sensasi berendam air panas, yang menyehatkan kulit.

Maps
Harga Tiket :
– Wisatawan lokal : Rp. 10.500,- per orang
– Wisatawan mancanegara : Rp. 25.000,- per orang
– Tiket masuk kolam renang : Rp. 5.000,- per orang
– Parkir sepeda : Rp. 3000,- per kendaraan
– Parkir mobil : Rp. 5000,- per kendaraan
Jam Operasi :
07.00 – 16.00

6. Sumber Pitu Pujon

Sumber Pitu Pujon
faktualnews.id

Air terjun atau yang dalam bahasa Jawa disebut coban ini bukanlah sembarang air terjun yang bisa dengan mudah kamu singgahi. Pasalnya, untuk menuju kemari kamu akan butuh perjuangan melalui jalur yang cukup ekstrim dan menantang. Pas sekali bagi kamu yang suka petualangan, nih!
Terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, air terjun Coban Sumber Pitu Pujon memang cukup tersembunyi dengan dengan didominasi trek mendaki yang cukup licin saat musim penghujan. Namun, keindahan yang akan kamu dapatkan saat berwisata kemari sangat sebanding dengan perjuangan yang kamu lalui. Tak percaya? Berkujung aja ke Sumber Pitu ini !!

Maps

Harga Tiket :
Rp. 6000,-
Jam Operasi :
24 jam

Baca Juga : Wisata Terbaru Yang Ada Di Jember Lagi Hits Dikunjungi

7. Sumber Krabyakan

Sumber Krabyakan
malang TIMES

Wisata berupa kolam dengan mata air alami yang sangat jernih dan begitu menyegarkan, sehingga membuat wisata ini menjadi salah satu wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Meski tempat ini belum terkenal seperti halnya wisata lainnya di malang, tetap saja wisata air Sumber Krabyakan menyimpan berjuta pesona, terutama dengan keindahan panorama alamnya yang begitu eksotis dan mengagumkan.
Dengan bentuk, struktur dan juga kejernihan air yang menjadi kolam renang alami, kamu bakal jarang nemuin tempat yang sama. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk me-refresh tubuh dan melepas lelah setelah bekerja. Wisata Air Krabyakan memiliki 2 kolam yakni kolam untuk orang dewasa dan kolam bermain untuk anak-anak. Kejernihan dan kebersihan air sama-sama terjaga untuk kepuasan para wisatawan.
Wisatawan akan melonjak ketika hari libur sekolah atau hari cuti besar, kebanyakan dari mereka adalah keluarga yang berasal dari daerah malang sendiri (wajar saja karena tempat ini masih belum terkenal). Karena selain harganya yang murah, tempat ini masih alami dan begitu asri.

Maps
Harga Tiket :
Rp. 2000,-
Jam Operasi :
06.55 – 17.00

8. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang
majico malang

Wisata Sumber Pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Tumpang, Kab. Malang. Sesuai dengan namanya Sumber Pitu yang memiliki arti tujuh sumber, di mana mata air yang muncul berasal dari tujuh titik yang hampir berdekatan. Meskipun terletak di tempat terpencil dengan medan yang masih kurang bersahabat, wisata Sumber Pitu tidak pernah sepi dari pengunjung.
Keindahan alamnya yang dikelilingi pepohonan rindang dengan udaranya yang sejuk membuat suasana wisata alam Sumber Pitu nyaman dan membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati pesona Sumber Pitu. Tidak hanya keindahan panorama alamnya yang memukau, Sumber Pitu memiliki keunikan yaitu mata air terjun ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlah yang sangat banyak

Maps

9. Air terjun Coban Sewu

Air terjun Coban Sewu
detik.com

Air terjun Coban Sewu sungguh tiada duanya. Air terjun ini menjulang megah setinggi 180 meter menuruni tebing hijau. Di dekat air terjun tersedia jalur trekking untuk menikmati pemandangan di sana. Namun, jika Anda ingin melihat lebih dekat dan menyukai sensasi, ada jalanan berpengaman bambu yang sempit dan curam untuk turun ke dasar air terjun. Di sana Anda dapat menapaki tanah dan batuan basah, menyentuh air, dan merasakan udara sejuk di sekeliling Anda. Dengan tebing nan tinggi yang menutupi pandangan Anda ke langit, Anda benar-benar dikelilingi oleh alam.
Air Terjun Coban Sewa
Tiket Masuk: Rp10.000
Alamat: Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, 65183. Koordinat di sini
Telepon: 0813 9109 0380
Jam Operasional: 06.00 – 16.00

10. Coban Jahe

Coban Jahe
travel-tempo.id

Di tengah pepohonan yang rimbun, Anda akan menemukan sebuah harta karun yang indah. Air terjun dengan air yang mengalir cukup deras lengkap dengan spot foto terbaik yang akan membuat teman-teman Anda merasa iri.
Selama ini Anda hanya berpose berdiri di depan air terjun? Basi! Di sini, Anda bisa menyewa sebuah perahu yang didesain lengkap dengan meja dan kursi. Kemudian perahu akan ditarik hingga posisinya pas di depan air terjun. Hasilnya, Anda terlihat seperti sedang “nongkrong” santai dengan latar belakang pemandangan air terjun yang memukau. Tapi, jika Anda akan berfoto di sini siap-siap basah kuyup ya.
Tenang, harta karun di sini bukan hanya air terjun saja kok. Ada juga kandang rusa dan spot foto seperti tenda suku Indian yang tak kalah menarik. Oh ya, Anda juga bisa memberi makan rusa-rusanya lho!

Tiket Masuk: Rp10.000
Maps
Jam Operasional: 08.00 – 16.00

11. Air terjun supit urang

Air terjun supit urang
explorewisata

Air Terjun Supit Urang memiliki 3 bagian – Supit Urang 1, Supit Urang 2, dan Watu Talang, yang merupakan talang sungai. Lihatlah keunikan struktur batuan air terjun yang tebingnya tersusun dari batu-batuan besar yang saling bertumpuk satu sama lain ini. Supit Urang 1 terletak di bagian bawah, sedangkan Supit Urang 2 ada di atasnya. Untuk mencapai Supit Urang 2, Anda harus menyusuri jalanan curam sepanjang 100 m menaiki tebing atau memanjat tangga bambu setinggi 12 meter dari Supit Urang 1.
Tiket Masuk: Gratis (Rp.2.000 untuk parkir)
Maps
Telepon: 0813 3318 3380
Jam Operasional: 24 jam

Please follow and like us: